Mengenalkan Islam pada anak-anak sejak dini, agara pondasi iman terbentuk kuat dan kecintaan pada agamanya terikat erat

Ajak anak-anak mengenal Islam, agar pondasi iman terbentuk kuat, dan kecintaan pada agamanya terikat erat
1. Orangtua bisa memanfaatkan hari libur atau waktu luang setelah pulang kerja untuk beraktivitas bersama anak-anak. Manfaatkan saat berkumpul untuk menjalin kedekatan. Lakukan berbagai aktivitas bersama seperti ibadah, olahraga, bermain di rumah, saling bercerita satu sama lain.
2. Berkreasi dalam mengenalkan anak-anak tentang Alquran, sunnah, siroh nabawiyah, dan materi lainnya dengan permainan-permainan yang menarik. Hal ini dapat menumbuhkan kecintaan serta menanamkan pemahaman anak terhadap Islam sejak dini.
3. Jadikan setiap momen yg dialami oleh anak baik suka atau duka sebagai salah satu cara membentuk karakter anak . Misalnya saat anak bertengkar atau bahkan saat anak menjadi juara kelas. Kita tanamkan empati, sifat dermawan, cara bersyukur kepada Allah,  tawadhu dan menjauhi sifat sombong.
4. Terapkan berbagai amalan Sunnah dan adab-adab yang diajarkan Rasulullah. Mulai dari hal sederhana, seperti adab makan dan minum, adab saat hendak dan bangun tidur, akhlak patuh dan hormat pada orang tua, akhlak bergaul dengan teman, dll.
5. Anak terbiasa meniru banyak hal dari sekitarnya. Maka selalu berikan teladan baik, seperti selalu menepati janji kepada anak, menerapkan perilaku sabar namun tegas, dan disiplin.
waktu luang bersama anak terapkan adab permainan menarik momen suka duka jadilah teladan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *