HFMD (Hand Foot and Mouth Disease)

#tentanghfmd
#hfmd
Anak-anak saya sdh beberapa kali terkena hfmd. Dan levelnya mulai dari yg ringan hingga yg cukup bikin galau 😁. Tapi rata-rata 4-5 hari paling lama, sdh pulih kembali. Hari ini anak saya yg paling kecil fix kena hfmd lagi, jadi susah makan deh, alhamdulillah ditawari makan buah mau, tp kena sariawannya, jadi kesakitan, akhirnya dipotongin kecil-kecil banget biar ga kena ke bagian mulut yg sariawan. (Di bawah ada foto anak saya yg sedang sariawan tapi belepotan buah naga wkwkwkwk… Jangan ngeri ya liatnya 😝)
Flu singapura, ini istilah yg sering disebut untuk #hfmd. Mari perbaiki kekeliruannya, krn tepatnya disebut hfmd yg merupakan singkatan hand foot and mouth disease.
Sesuai dengan namanya, penyakit tangan, kaki dan mulut, bagian yg diserang pada penyakit ini adalah kaki, tangan dan mulut. Penyebabnya virus, yg artinya stamina tubuh kita yg sedang rentan yg tertembus oleh serangan virus.
Apalagi bila anak kita ikut di sebuah daycare, hfmd bukan hal asing. Siklus ini biasanya berulang di awal musim hujan, anak-anak usia 1-6 tahunan masih mudah sekali terkena hfmd. Tapi hfmd jarang sekali ditemui menyerang pada orang dewasa.
Ciri-cirinya : ada bintik di tangan, kaki, dan sariawan di mulut. Demam mungkin ada tp ringan, maksudnya anak masih bisa beraktivitas… tapiiii yang bikin galau para ibu adalah sariawannya ituuuu, krn sariawan anak jadi sulit utk makan dan minum.
Virus ini menular dan ga ada obatnya. Terus bisa sembuh ga? bisa atuh, akan berangsur pulih dengan istirahat dan banyak minum, atau biasanya dokter menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin atau ada juga yg diberikan salep utk sariawannya, krn virus akan kalah saat stamina tubuh kembali menguat. Jadi jangan panik saat anak terkena bintil dan sariawan, siapkan buah-buahan, madu dan telatenin untuk minum terus yaaa anak-anaknya.

WhatsApp Image 2017-12-07 at 17.02.30 WhatsApp Image 2017-12-07 at 17.02.37

7 Des 2017, Pipih Shaliha
#catatanami
#anakhfmd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *